Selamat datang di math-olc.blogspot.Com

Apa itu Matematika ???

Saturday, 25 August 20120 comments



Apa Matematika ???? emmm..... Dialah pelajaran paling ngeri, paling menyebalkan, paling memusingkan dan masih banyak paling-paling negatif yang lain. Itulah mungkin kata-kata terdalam yang tak sempat kita sampaikan karena waktu, tenaga, dan pikiran kita ternyata telah terbuang habis untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Tak banyak kata-kata tapi sarat makna dan mungkin tak banyak juga yang memahaminya. Ya sekedar mesin penjalan rumus yang menerima input dari soal kemudian memproses dalam serangkaian rumus dan keluarlah hasil sebagai output, emmmm..... :)
            Seperti itukah Anda ??? hehehe,,,, jangan cemberut dulu teman, lengkingkan senyum Anda sejenak :), ya itulah yang juga saya rasakan ketika saya masih unyu-unyu dengan baju putih biru, kemudian berlanjut pada putih abu-abu.
Waktu itu pun saya meyakini bahwa menjadi jago matematika tak perlu jenius hanya perlu ketelatenan, ketelitian, dan sedikit kecerdikan. Dan Saya pun masih teringat benar akan kata-kata dari Kepala sekolah saya, yang menurut saya beliau cukup hebat bagi saya karena saat itu entah karena saya yang terlalu bodoh ataukah guru saya yang terlalu pandai sehingga setiap penjelasannya hanya beliau yang mengerti. Entahlah saya pun tidak mengerti mengapa hal itu terjadi. Tapi beliaulah yang saat itu mampu mepribumikan bahasa tubuh fisika menjadi bahasa saya, ya dan hasilnya saya sedikit mengerti tentang konsep fisika yang dulu pernah juga menarik perhatian saya ketika masih SMP. hehe (lebay juga ya,,, :D) Ya itu lah faktanya sosok setengah tua penuh canda yang cerdas, penuh antusias, dan  tak jarang pula mengejek siswanya sebagai bentuk kapsul semangath :D. Saat itu beliau mengatakan bahwa Matematika itu adalah pelajaran yang sebenarnya ruang lingkupnya tak jauh dari susunan kata yang terdiri dari "Ma-Te-Ma-Ti-Ka" itu sendiri, Ma-Te-Ma-Ti-Ka : "Makin Tekun Makin Tidak Karuan ", hehehe..... Entah kenapa setelah mengucapkan kata-kata itu berkali-kali seperti ada kekuatan magis yang selalu meyakinkan saya bahwa statement dari beliau tersebut adalah benar. Entah dari mana pula beliau dapat kata-kata itu ya,,, ??? Ah bodohlah, meskipun saya tidak tau asal-muasal beliau dapat kata-kata itu dan meskipun beliau bukan pengajar matematika tapi Empat jempol deh buat Beliau,,, hehe :D
  Kata-kata tersebut ternyata bukan hanya ungkapan kosong tanpa makna, ya seperti yang saya bilang tadi seperti ada kekuatan magis yang selalu menyertai dibalik setiap suku katanya. Berikut adalah penjelasan terkait hal tersebut berdasarkan pengalaman yang pernah saya terima selama menyelami bangku sekolah;
 1. Witing isa jalaran saka kulina (alah bisa karena biasa) semakin anak itu berlatih mengerjakan ulang serangkaian soal-soal maka implikasinya adalah ia akan semakin tau dan hafal apa-apa yang ada didalamnya, sehingga ketika suatu saat mereka disuruh mengerjakan soal yang sama mereka dengan cepat dan tepat akan menyelesaikan soal tersebut. Selain itu dengan giat berlatih mereka akan tertangtang secara naluri untuk mengerjakan soal-soal baru, karena dengan soal yang lama mereka sudah bisa dan bahkan bosan. Dengan ini maka kemampuan anak tersebut akan makin meningkat.
2. Dengan ketekunan dan ketelatenan disertai dengan kecerdikan maka secara langsung maupun tidak langsung kita akan menemukan hal-hal baru yang didalam buku teks pelajaran mereka tidak ada, dan itu hanya ditemukan dari penjelajahan rasa keingintahuan mereka yang mungkin secara tidak langsung tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. contohnya: untuk mencari nilai tengah dari persamaan kuadrat (ax^2 +bx+c), kita sudah diberi rumus x=-b/2a, tapi ternyata nilai tengah tersebut dapat diselesaikan juga dengan menjumlahkan akar-akar tersebut kemudian dibagi dua dan masih banyak lagi contoh yang lain. Hal ini mungkin saja kita temukan ketika ketekunan kita mencari tau sebenarnya apasih yang sedang kita pelajari, dengan menggambarnya kemudian menghubungkan konsep-konsep yang pernah kita terima. Karena sebenarnya matematika adalah pelajaran yang berkaitan dengan konsep-konsep ide yang itu baru terwujudkan secara jelas setelah kita memvisualisasikannya dalam sebuah aksi (pengerjaan ulang misalnya)  dan atau sebuah objek (lewat gambar, grafik dll).
            Semua penjelasan di atas didasari oleh ketekunan. Dan lagi-lagi ketekunan membawa dampak positif bagi penguasaan materi di Matematika. Jadi kembali pada kata-kata beliau, "MATEMATIKA" => "MAkin TEkun MAkin TIdak KAruan". So tidak ada lagi kata malas, yang ada adalah kata Tekun untuk Matematika Yang Lebih Baik. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih atas kunjungan di blog saya. Salam Prestatif,,,,, Maju Terus Matematika Indonesia ..... :D            





Share this article :

Post a Comment

SAHABAT BLOGGER

Follow by Email

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Mathematics Online Learning Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by math-olc.com
Proudly powered by Blogger